02 April 2015

Seperti Apa Sih Wanita Cantik Menurut Islam?

Sebagai wanita umumnya selalu ingin tampil cantik dan menarik, karena wanita memang identik dengan kecantikan. Kecantikan itu relatif, tergantung dari cara pandang kita melihatnya. Mungkin kita sering menilai kecantikan wanita itu secara fisik, seperti artis bintang iklan kosmetik dan artis sinetron atau artis film. Lalu seperti apa sih makna cantik itu menurut islam?

Kecantikan hiasan haruslah di dahului dengan kecantikan ”Khairaat” agar kita wanita tahu bahwa seorang wanita yang baik adalah wanita yang memiliki kecantikan sifat dan akhlak lebih baik dari pada wanita yang memiliki kecantikan fisik dan rupa semata. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa dalam Al Qur’an ALLAH tidak memberikan patokan khusus pada kecantikan fisik dan rupa bagi wanita ataupun pria.

Wanita yang masih sendiri tidak boleh mengumbar bagian-bagian tubuhnya apalagi pada orang yang bukan merupakan pasangannya. Ini hukumnya haram. Definisi cantik untuk wanita yang masih sendiri adalah wanita yang bisa membuat nyaman semua orang yang berada di sekitarnya. Artinya wanita ini mempunyai daya tarik tersendiri.

 

Dapat kita simpulkan bahwa wanita cantik menurut pandangan Islam meliputi:

1. Selalu menjaga kehormatannya. Artinya, ia senantiasa menutupi aset yang paling berharga.

2. Memiliki sikap malu. Malu disini bukanlah suatu hal yang dapat menghambat perkembangan dalam seorang muslimah. Tapi, malu disini yaitu sikap seorang muslimah yang selalu rendah hati dan tidak pamer.

3. Selalu bijaksana dalam menghadapi segala tantangan. Bersikap pandai dan mampu mencermati berbagai kemungkinan yang ada untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.

4. Senantiasa bersabar dalam menghadapi segala rintangan dan tantangan.

Kecantikan Akhlak dan kebaikan hati tidak akan pernah hilang walau di makan waktu dan usia dia akan tetap abadi. 

 

artikel