03 Oktober 2015

Jangan Sembarangan Selfie di Saudi

Di zaman serba gadget-an sekarang ini dimana berita dan foto bisa didapat sekejap mata, siapa pula yang tidak pernah mendengar kata selfie. Kata yang tahun 2012 lalu ---udah ampir 3 tahun yang lalu memang--masuk dalam 10 daftar kata paling populer versi majalah Time.

Memang, selfie seakan sudah menjadi bagian dari kegiatan kita sehari sehari,mudah sekali menemukan orang sendirian atau berkelompok yang asyik selfie selfie, tak tau tempat dan tak juga tau situasi, mau duka mau senang, pokoknya selfie jalan terus !

Lalu apa hubungannya  dengan selfie di Saudi?

Well, Selfie juga bukan hal baru di Saudi, media sosial yang menjadi ajang narsis orang saudi, penuh dengan tampilan selfie mereka.  Walau kita semua tau kebanyakan --ingat kebanyakan loh ya-- masyarakat saudi itu camera shy, maksudnya ? mereka bukan anti berfoto tapi tidak suka difoto alias "malu malu"

 

Apalagi jika foto  diambil diam diam, contohnya saat berselfie di Masjidil Haram, suasana penuh sesak dan kita ingin selfie, nah walau tak ada niatan "mengajak" orang lain untuk selfie di foto kita itu, tapi apa daya, karena padatnya jamaah, mau tak mau, wajah mereka tak sengaja kena jepret kamera kita juga.

 

Nah, disinilah momen "camera shy" tadi, biasanya untuk masyarakat saudi yang begitu, mereka akan langsung protes, dan meminta kita untuk tidak selfie atau jika telah terlanjur selfie,kadang ada yang meminta kita untuk menghapus foto selfie kita tadi, oleh karenanya, hati hati, di Saudi anda gak bisa sembarang selfie, terutama di tempat yang saya tulis disini :

 

1. Di dalam Masjidil Haram di Mekkah. Selfie di tempat ini memang tidak dilarang dengan nyata, tapi tetap saja anda tidak bisa sembarang selfie. Jika anda perhatikan banyak tulisan "Dilarang mengambil Foto" disekitaran Masjidil haram, jika anda ingin berselfie disini,hati hati, pastikan tidak dekat dekat tanda larangan tersebut.

 

Oh ya di sekitar shoping mall terurama dekat gold shop-nya di Zam zam Tower juga banyak tanda larangan mengambil foto, jika anda tertangkap mengambil foto atau berfoto di sekitaran tanda larangan tersebut, anda bisa berurusan dengan Hai'a, atau bahkan kena denda.

 

2. Di dalam Masjid Nabawi di Madinah-- Untuk para wanita yang pernah berkunjung ke Masjid Nabawi, pasti ingat akan pemeriksaan tas satu persatu di pintu masuk masjid bukan? dan ingat juga dengan adanya bilboard dan tanda larangan yang isinya agar barang barang seperti makanan, camera, benda tajam, dilarang dibawa masuk mesjid. Saat tas anda diperiksa, jika  ketauan membawa henpon berkamera, kadang Haia wanita yang didepan pintu masuk mengijinkan setelah sebelumnya memberi info kalau anda dilarang mengambil foto didalam mesjid, tapi untuk yang kebetulan " not lucky" saat ketemu membawa henpon berkamera, kadang tidak diijinkan masuk mesjid --saya pernah mengalami tidak diijinkan masuk ke mesjid karena membawa henpon berkamera--

 

3. Di galeri dan di Musium. Di sini anda tidak akan diijinkan mengambil foto dan berselfie. Jadi berhati-hatilah, walau memang niat sekali berfoto, terpaksa harus dipendam dulu, jika tidak mau berurusan dengan polisi disana.

 

4. Di rumah sakit, terutama di bagian emergency dan Klinik rawat jalan--jangan coba coba selfie dan foto foto di sekitaran sini, walau tidak ada tanda larangannya, tapi untuk sebagian orang saudi, mengambil foto di sini, bisa dianggap tdak sopan. Anda mungkin bisa diperingatkan dan diminta menghapus foto jika ketahuan.

5. Disemua tempat dengan tanda larangan mengambil foto di Saudi, ditempat dengan tanda larangan ini, anda tidak boleh selfie dan sembarangan mengambil foto. Ini bisa dimana ajah, dari mulai Mall sampai tembok yang mengitari rumah seseorang. Jangan selfie disini.Jika ingin sekali selfie, cobalah perhatikan sekeliling terlebih dahulu, tak ada tanda larangan, silahkan berselfie.

 

Lalu apa hukumannya jika ketauan selfie ditempat tempat yang tidak diijinkan itu, sejauh ini memang hanya peringatan dan berurusan dengan pihak berwenang saja, bisa dengan polisi shariah Saudi, atau pihak yang berkepentingan,selain itu anda bisa diminta menghapus foto, diambil kameranya, atau kena denda 150-300Sr.

Belum lama ini pihak otoritas Saudi memberikan peringatan denda sebesar 150-300Sr untuk pengemudi yang ketauan selfie saat mereka sedang dibelakang setir, kenapa?

 

Peringatan ini diberikan setelah ada foto selfie pengemudi taksi di Saudi goes viral on net. Yep, foto selfie yang diambil si supir dengan wajah "tak suka" pemain bola Uruguay di kursi penumpang di belakang yang mendapat banyak kecaman.

 

artikel