31 Mei 2017

Bentuk Awal Pintu Kabah Masih Menjadi Misteri Sejarah

Sejarah pintu Kabah di Makkah, Arab Saudi, hingga kini masih menjadi daya tarik bagi umat Muslim, terutama bagi mereka yang menginjakkan kaki di Tanah Suci. Pintu Kabah disebut-sebut masih menyimpan sebuah misteri karena hingga kini tidak ada dokumentasi bagaimana bentuk awal pintu Kabah.

Meski begitu, ada satu fakta yang tidak terbantahkan yakni Kabah memiliki dua pintu untuk waktu yang cukup lama. "Saat ini pintu Kabah maju sekitar dua meter ke arah Masjidil Haram, tingginya tiga meter, panjang dan lebar masing-masing 222 sentimeter dan 171 sentimete," ujar salah satu anggota keluarga penjaga Kabah, Nizar al-Shaibi seperti dilansir dari Al-Arabiya News, beberapa waktu lalu.

Bisa melihat langsung pintu Kabah merupakan kehormatan bagi penguasa Arab Saudi. Para Raja Saudi biasa menuliskan nama mereka di bawah deretan 99 Asmaul Husna,” kata dia. Kunci pintu Kabah dipegang oleh keluarga al-Saibi seara turun temurun. Biasanya kunci dipercayakan pada anak tertua.

Keluarga tersebut memiliki kunci Kabah dan maqam Nabi Ibrahim. Mereka memasuki Kabah dan membersihkannya dengan air mawar. "Tapi kami biasanya menunggu gubernur untuk memulai proses pembersihan, lalu diikuti oleh tamu yang dia bawa bersamanya. Mereka menyeka seluruh dinding Kabah yang diikuti oleh dinding," ujar kepala pemegang kunci Kabah Abdul Qader al-Shaibi.

Komponen pintu Kabah yang sudah tidka terpakai disimpan di beberapa museum sebagai ‘harta karun’ Islam. Almarhum Raja Khalid bin Abdul Aziz adalah Raja Saudi yang paling banyak menyerahkan komponen pintu ke museum.

Profesor dari Universitas Umm al-Qura Ahmed al-Morei mengatakan pintu Kabah pernah diganti oleh almarhum Raja Khalid yang merupakan Penjaga Dua Masjid Suci. "Pintu terbuat dari emas yang diproduksi di Saudi. Ayat-ayat Alquran dan nama Raja Khaled terukir di pintu," kata dia.

Kabah adalah salah satu tempat paling dihormati oleh umat Islam. Itulah sebabnya Muslim selalu memberikan perawatan khusus terutama untuk membersihkannya. Kabah selalu dilapisi kain sutra terbaik dan dihiasi pintu emas. Selain situs suci, Kabah pun sering disebut-sebut sebagai karya seni yang indah.



gomuslim.co.id

artikel