23 Juli 2019

7 Tips Menjalankan Haji Agar Sehat

Ibadah Haji adalah ziarah Islam tahunan ke Mekah kota suci umat Islam, dan kewajiban wajib bagiumat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup mereka oleh semua orang Muslim dewasa yang secarafisik dan finansial mampu melakukan perjalanan, dan dapat mendukung keluarga mereka selama ketidakhadiran mereka

Hampir semua muslim mengimpikan untuk menunaikan ibadah haji. Tempat yang mulia juga suci dalam islam. Memasuki musim haji, jamaah memadati Kota Makkah untuk melakukan ibadah rukun islam yang kelima.

Kota Makkah merupakan pusat pelaksanaan kegiatan ibadah haji Thawaf dan sa’idilakukan di Masjidil Haram yang terletak di pusat kota itu. Wuquf dan melontar jumrah dilaksanakan di Arafah dan Mina yang berjarak hanya beberapa kilometer dari Makkah.

Perlu digaris bawahi  bagi jemaah haji, kondisi iklim di Indonesia dan Arab Saudi berbeda. Memelihara kesehatan selamaberada di sanasangatlah penting karena bisa mempengaruhi kualitasi badah kita. Supaya haji nyalancar, pelihara kesehatan dan jaga stamina.

Mampumelaksanakan seluruh rangkaian proses kegiatan ibadah haji dengan baik dan sempurna, jelassangat memerlukan kesehatan yang baik dan kondisi tubuh yang prima. Hal ini juga bukan berartijika orang dengan gangguan kesehatan dan kebugaran yang tidak prima, tidak dapat melaksanakan proses ibadah yang sempurna.

Di Indonesia banyak sekali biro haji yang sudah melayani haji, salah satunya yakni kami Maktour. Berikut tips kiatsehatsaatibadahhaji :

1. Laksanakan perilaku hidup bersih dan sehat

Mulailah dari hal-hal yang sederhana seperti cuci tangan menggunakan sabun, jaga kebersihan kamar dan toilet juga buang sampah di tempat yang sudah disediakan.

2. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi seimbang

Makan beranekaragam kelompok makanan yang bergizi seperti sayuran, buah-buahan  dan lain-lain. 

3. Minumlah minimal 1 gelas air setiap jam

Hal ini dilakukan agar tidak mengalami kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi

4. Istirahat dan tidur yang cukup

Tidurlah paling sediki tenam sampai delapan jam sehari. Kegiatan ibadah yang dilaksan akan saat  haji bila tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup tubuh akan bekerja ekstra tentuakan mengakibatkan jamaah kelelahan dan gampang jatuh sakit.

5. Hindari berada di tempat ramai dan berdesak-desakkan selain untuk kepentingan ibadah

Di tempat seperti ini, mudah terjadi penularan penyakit dari seseorang ke orang lain. Selain itu, di tempat yang penuh sesak dengan manusia ini, mudah terjadi kecelakaan.

6. Pakai masker bilakeluarpondokan

Ini dilakukan agar terhindar dari kemungkinan penularan penyakit dan masuknya debu kesaluran pernapasan.

7. Bilasa kita tau ada masalah kesehatan hubungi dokter kloter, klinik sektor atau Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPHI)

Jangan segan  untuk menghubungi atau mengunjungi dokter terdekat bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Itulah sedikit tips saat haji, semoga bisa menjadi pegangan untuk kita dalam melaksanakan kegiatan haji. Berbeda dengan umroh, ibadah haji lebih Panjang waktunya ketimbang umroh. 

artikel