30 Maret 2015

Salah Satu Berkah Puasa Senin Kamis

 

Pada waktu lulus sekolah dasar, secara kebetulan aku mendapat juara pertama. Kukatakan kebetulan karena aku memperolehnya berkat kerajinan dan ketekunanku mengulang pelajaran di rumah. Aku tidak memiliki IQ yang tinggi seperti beberapa orang temanku yang lainnya, tetapi karena mereka lebih banyak bermain daripada belajar akibatnya mereka kalah bersaing denganku.

 

Sayangnya setelah di SMP nilaiku turun drastis. Keadaan ini terus berlanjut hingga aku mulai duduk di bangku SMA tepatnya di semester I. Aku resah melihat kenyataan ini tetapi segala daya dan upaya (dengan tetap rajin dan tekun belajar) telah kucoba namun tak membuahkan hasil.

 

Karena aku sudah tidak tahan lagi, kegelisahan ini kuungkapkan kepada salah seorang kakakku. Gayung bersambut dan kakakku itu menyarankanku untuk berpuasa setiap hari Senin dan Kamis. Ibarat orang yang mendapatkan segelas air ketika sedang haus ditengah padang pasir yang gersang, mendengar saran baiknya itu akupun langsung melakukannya di setiap datangnya kedua hari tersebut.

 

Pertama kali menjalankan puasa sunnah itu masih kurasakan agak sedikit berat. Tetapi setelah berjalan beberapa bulan barulah mulai kurasakan sebagai hal yang biasa saja sehingga menjadi agak ringan. Waktupun bergulir seiring dengan semakin banyaknya kulakukan ibadah yang murah meskipun tak meriah itu.

 

Semester II kulalui dengan sedikit perubahan pada nilai raportku. Aku agak gembira karena kulihat sudah mulai kurasakan kemajuannya. Semester III dan IV terasa sekali meningkatnya nilai-nilai ujianku, aku bersyukur sekali kepada Allah SWT yang telah memberikan kemudahan dalam memahami pelajaran.

 

Ketika pembagian raport pada semester V, aku yang biasanya baru datang bila guru sudah mulai membagikan raport, kini entah mengapa aku datang lebih awal. Acara dimulai dengan kata sambutan dari pihak sekolah dan yang tak kalah pentingnya adalah pengumuman juara kelas. Disinilah aku mendapatkan surprise atau kejutan, ketika guruku membacakan para juaranya tiba-tiba namaku ikut juga ‘terbawa’ di dalamnya, bukan main bahagianya aku disaat itu.

 

Suka cita yang kurasakan, tak dapat kuungkapkan dengan kata-kata. Teman-temanku saling bergantian menyalamiku dan mengucapkan selamat atas keberhasilanku itu. Alhamdulillah berkah puasa Senin Kamis serta diiringi dengan belajar yang sungguh-sungguh, akhirnya aku memperoleh hasil yang cukup menggembirakan. Kini setelah aku lulus SMA dan menjadi PNS, tak kusia-siakan waktu berlalu begitu saja dengan tetap berpuasa dan tentunya dengan harapan semoga mendapat ridho Allah SWT. Aamiin.

 

Sumber : https://gengjo.wordpress.com/2013/05/12/salah-satu-manfaat-puasa-senin-kamis/

artikel