Arab Saudi Cetak Buku Karya KH Hasyim Asy'ari

Print
Created on Sunday, 29 July 2012

Bagikan Artikel ini

Gus Sholah menerima kunjungan dubes arab saudiJombang (beritajatim.com)--Duta besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Moustafa bin Ibrahim bin Ali Al Mubarak, sangat mengagumi sosok pendiri NU (Nahdlatul Ulama), Hadratus Syekh KH Hasyim Asyari. Menurutnya, Kiai Hasyim merupakan ulama dari Indonesia yang cukup disegani. Bahkan, kiai pendiri NU itu juga banyak melahirkan karya tulis dalam Bahasa Arab.

Kekaguman dubes Arab Saudi itu dilontarkan Moustofa saat mengunjungi Ponpes (Pondok Pesantren) Tebuireng Jombang, Selasa (29/5/2012). "Syekh Hasyim Asyari merupakan ulama besar. Meski asli Indonesia, namun beliau banyak menulis kitab Berbahasa Arab," kata Moustofa, saat berbincang dengan pengasuh Ponpes Tebuireng yang juga cucu KH Hasyim Asyari, KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah.

Pertemuan antara rombongan dubes Arab Saudi dengan Gus Solah ini berlangsung sekitar satu jam. Dubes Moustofa juga mengatakan bahwa ingin mendapatkan karya-karya Kiai Hasyim Asyari. Pasalnya, kitab yang ditulis oleh pendiri NU tersebut sangat sulit didapat. Bahkan kedutaan Arab berencana mencetak kembali karya-karya tersebut. "Yang pasti Kiai Hasyim merupakan intelektual hebat pada zamannya. Sayangnya, karya beliau susah didapatkan," katanya.

Moustofa juga mengungkapkan bahwa kunjungannya ke Pondok Tebuireng dalam rangka menjalin kerjasama dengan kalangan pesantren dalam bidang pendidikan. Pendek kata, lulusan pesantren nantinya bisa melanjutkan pendidikan ke negeri padang pasir tersebut. "Kerajaan Arab Saudi juga ingin mengetahui apa hal-hal yang dibutuhkan kalangan pesantren," tegasnya.

Sementara itu, Gus Solah memberikan apresiasi positif kerjasama yang ditawarkan Arab Saudi. Ia juga menyampaikan terima kasih atas tawaran mencetak kembali buku-buku karya kakeknya. Selanjutnya, sebagai tanda mata, adik kandung mantan Presiden Gus Dur ini memberikan buku biografi KH Hasyim Asyari dan juga beberapa kitab hasil karya ulama kharismatik tersebut. [air/suf]

Bagikan Artikel ini

Copyright© 2012 www.maktour.co.id
Free Joomla 2.5 templates by New Poker Reviews