14 September 2015

Jumat Pagi Masjidil Haram Ditutup

Pada Jumat (11/9), suasana Masjidil Haram di Kota Suci Makkah dipadati calon haji dari berbagai negara. Saking padatanya, Masjidil Haram Jumat Pagi pukul 09.00 Waktu Saudi ditutup.

"Jumat Pagi Pukul 9 waktu Saudi, jamaah yang ingin masuk ke Masjidil Haram tidak diperkenankan masuk karena kepadatan Masjidil Haram," ungkap Pelaksana Lapangan Maktour, Mohammad Rocky Masyhur kepada Republika via sambungan telepon internasional.

Melihat kondisi tersebut, ungkapnya, Pemerintah Indonesia mengimbau kepada jamaah untuk tidak pelataran Masjidil Haram. Tetapi para jamaah dimi‎nta untuk menuju bangunan baru yang berlokasi di Sisi Barat Masjidil Haram.

"Di bangunan cukup sejuk, karena memiliki pendingin udara yang baru. Sehingga para jamaah dapat khusyuk beribadah dan merasa nyaman," kata dia.

Terkait perkembangan Badai Pasir yang melanda Arab Saudi, Rocky mengungkap kota suci Makkah tidak terkena dampaknya. Sebaliknya, kota suci Makkah dan sekitar Arafah serta Az-Ziyah sempat diguyur hujan dan angin kencang. 

Disinggung soal persiapan Arafah, Rocky mengatakan, Maktour akan akan melihat perkembangan cuaca, utamanya angin kencang. Itu sebabnya, ia juga mengimbau agar jamaah bersiap diri secara fisik dan menjaga kesehatan guna menghadapi perubahan cuaca tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA

haji