03 Desember 2015

Penambahan Kuota Haji Ditentukan Januari Mendatang

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi pada Januari mendatang. Ia mengatakan kunjungan tersebut untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan persiapan pelaksanaan ibadah haji 2016. Termasuk membahas permasahan kuota haji 2016. "Jadi untuk kuota itu akan diputuskan pada pertemuan Januari tahun depan," ujar Lukman di Jakarta, Rabu (2/12).

Ia berharap kuota haji tahun depan akan kembali normal. Hal ini mengingat para petinggi Arab Saudi sudah mengatakan bahwa renovasi besar-besaran Masjidil Haram akan tuntas sebelum datangnaya musim haji 2016.

"Dengan lain perkataan sebenarnya bisa dipahami kalau memang sudah tuntas akan bisa kembali ke normal. Mudah-mudahan seperti itu," katanya.

Ia menambahkan, kunjungan ke Arab Saudi nanti juga akan membahas terkait penambahan kuota haji yang merupakan hasil dari kunjungan presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Hal serupa disampaikan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama, Abdul Djamil. Ia mengatakan normal atau tidaknya kuota haji pada 2016 masih menunggu pemberitahuan dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

"Sampai saat ini kami belum bisa menyampaikan kepada calon jamaah haji bahwa kuota haji Indonesia akan normal kembali seperti sebelum adanya pemotongan 20 persen oleh pemerintah Arab Saudi akibat dari proyek perluasan Masjidil Haram," ujar Abdul Djamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA

haji