08 Agustus 2016

Dirut Maktour Berharap tak Ada Musibah pada Musim Haji Ini

Prosesi pelaksanaan haji 2016 segera dimulai. Tahapan pemberangkatan jamaah haji kloter pertama rencananya dimulai pada Selasa (9/8). Di tengah potensi berbagai masalah yang selalu menghampiri pelaksanaan haji, tahun ini diharapkan pelaksanan haji semakin lebih baik dari tahun sebelumnya. 

Direktur Utama Maktour Umroh & Haji Plus Fuad Hasan Masyhur berharap pekerjaan haji yang dikerjakan pemerintah untuk haji reguler dan swasta untuk haji khusus tahun ini dapat terselenggara baik. Menurut dia, kabar dari Menteri Agama akhir pekan lalu terkait pengurusan visa yang sudah selesai 100 persen merupakan kabar gembira.

"Karena seperti tahun sebelumnya begitu banyak problematika terkait visa haji. Mudah-mudahan tahun ini apa yang direncanakan pemerintah dan swasta dapat berjalan sesuai harapan," ujarnya kepada Republika.co.id akhir pekan kemarin. 

Termasuk harapan pada tahun ini agar selama prosesi haji tidak terjadi lagi berbagai musibah seperti pada musim haji tahun lalu. Untuk jamaah haji khusus, Fuad berpesan bisa mempersiapkan pelaksanaan dalam suasana kebatinan yang nyaman. Ia percaya perjalanan suci ini harus dimulai dengan ketenangan hati. Kenyamanan jamaah haji khusus beribadah inilah yang menjadi prioritas Pelaksana Ibadah Haji Khusus (PIHK) memberikan pelayanan terbaiknya. Jamaah haji juga jangan sampai semangat melakukan prosesi haji nanti melupakan hal yang pokok, yakni kesehatan. 

"Karena sering dijumpai, jamaah haji terlalu semangatnya ketika tiba di Baitullah, sehingga dipaksakan dan lupa ada rukun yang penting yakni wukuf di Arafah. Karena itu menjaga kesehatan untuk semua prosesi haji penting dijaga, termasuk antisipasi suhu udara di sana sangat panas dan cepat berubah secara drastis," kata dia. 

Dia pun berpesan agar jamaah memperbanyak konsumsi air dan rutin mengonsumsi buah menjadi sangat penting, terutama di pemondokan. Terkait dengan bimbingan manasik, Fuad juga berharap jamaah haji bisa memperdalam prosesi haji tahun ini.

"Dengan segala persiapan ini, saya merasa bahagia kepada seluruh tamu Allah tahun ini, karena keberangkatan haji tidak cukup hanya pada dana namun juga kesempatan. Karena itu semoga Allah melancarkan perjalanan ibadah haji dunia dan muslim Indonesia pada tahun ini."

REPUBLIKA.CO.ID,

artikel