26 September 2016

Alhamdulillah, Rombongan Jamaah Haji Pasaman Kembali ke Tanah Air

Sebanyak 138 orang jamaah haji asal Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) enam gelombang I sudah tiba di daerah itu dalam keadaan selamat, Senin. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasaman, Abdel Haq di Lubuk Sikaping, Senin (26/9), mengungkapkan kepulangan jamaah haji asal daerah Pasaman sesuai dengan jadwal.

"Mereka kembali ke Tanah Air dengan pesawat Garuda Indonesia GA 3306. Rombongan tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang dari Jeddah pagi tadi," ungkap Abdel Haq. Menurutnya, rombongan diterbangkan dari Jeddah, Ahad (25/9) pukul 15.15 waktu setempat. "Sesampai di Padang, rombongan disambut pihak Pemprov Sumbar. Setelah itu jamaah dipulangkan ke daerah kabupaten/kota masing-masing dengan menggunakan bus," ujarnya. Menurutnya, rombongan jamaah haji ini akan sampai di Lubuk Sikaping sekitar pukul 14.00 Wib.

Mereka akan disambut Pemerintah Daerah di Kantor Kemenag setempat. Ia menjelaskan hingga saat ini kondisi jamaah haji asal Pasaman secara umum tergolong aman dan sehat. "Memang ada yang mengalami sakit atas nama Abussalam (65), warga Tanjuang Baringin Lubuk Sikaping yang sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit setempat. Namun sekarang sudah bisa pulang," ujarnya.

 Sebelumnya, rombongan jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci berjumlah 141 orang, namun ada dua orang jamaah yang pindah ke kloter tujuh dan akan tiba di Pasaman pada Rabu (28/9). Sedangkan satu orang lagi yakni Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama telah pulang terlebih dahulu, Ahad (18/9). Jadi jumlah rombongan yang tergabung dalam kloter enam sebanyak 138 orang. "Sementara itu, untuk barang-barang bawaan jamaah haji berupa koper akan tiba di Lubuk Sikaping, Selasa (27/9). Jadi pada hari itu baru bisa dijemput," ujarnya.

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK SIKAPING

berita