05 Januari 2017

Istri emir Dubai jadi bos Bank Makanan

Bank Makanan UEA berkomitmen membagikan makanan kepada orang membutuhkan sekaligus mengurangi makanan terbuang.

Emir Dubai Syekh Muhammad bin Rasyid al-Maktum telah menunjuk istrinya, Syekha Hindun binti Maktum bin Juma al-Maktum, sebagai pemimpin Bank Makanan Uni Emirat Arab (UEA), dibentuk Selasa lalu. 

Wakil presiden sekaligus perdana menteri UEA ini beralasan penunjukan Syekha Hindun sebagai jaminan untuk mencapai standar tertinggi dari kegiatan kemanusiaan itu. "Syekh Hindun dekat dengan rakyat dan keinginannya untuk beramal membuat dia pas buat memimpin proyek ini," kata Syekh Muhammad bin Rasyid. 

Peresmian Bank Makanan itu sebagai bagian dari insitiatif Tahun Beramal UEA. 

Bank Makanan tersebut merupakan organisasi nirlaba berkomitmen membagikan makanan kepada orang membutuhkan sekaligus mengurangi makanan terbuang. Pembentukan Bank Makanan ini bertujuan membikin Dubai menjadi kota pertama di Timur Tengah bebas dari makanan mubazir. 

Bank Makanan ini akan bekerja sama dengan pemerintah lokal dan lembaga amal internasional untuk menerapkan sebuah ekosistem menyeluruh, agar meningkatkan efisiensi dalam menyimpan, mengemas, dan mendistribusikan makanan. 

Ia juga akan bekerja sama dengan hotel, restoran, supermarket, dan peternakan buat menyimpan serta mengemas kelebihan makanan segar dengan efektif. Makanan-makanan itu nantinya dibagikan relawan di dalam dan luar UEA. 

Bank Makanan ini bakal mulai beroperasi di Dubai dan wilayah terbelakang di kawasan Timur Tengah serta seluruh dunia.

berita