26 Januari 2017

Masjid Dimaukom: Masjid Pink Jadi Simbol Cinta, Harmoni dan Keberagaman Warga Filipina

Cinta, kasih sayang, dan bersama dalam keberagaman, itulah simbol dari Masjid yang unik ini. Jika biasanya kita melihat masjid berwarna natural, namun berbeda dengan Masjid nyentrik ini. Masjid yang di cat warna pink nan mencolok ini menjadi pusat perhatian masyarakat dan wisatawan yang datang. Namanya Masjid Dimaukom.

Berlokasi di Kota Datu Saudi Ampatuan, Provinsi Maguindanao, Filipina Selatan, Masjid Dimaukom telah menjadi ikon sekaligus tempat wisata religi daerah tersebut. Bagaimana tidak, warna merah muda yang mendominasi seluruh bangunan masjid itu menjadi pemandangan indah bagi siapa saja yang melihatnya.

Masjid Dimaukom pertama kali dibangun pada tahun 2011 atas perintah Walikota Datu Saudi Ampatuan yaitu Samsodin Dimaukom. Nama masjid Dimaukom sendiri diambil dari nama sang walikota. Pembangunan masjid pink ini dilakukan selama dua tahun hingga akhirnya dibuka untuk umum pada tahun 2013.

Meski sudah dibuka sejak bulan ramadhan pada tahun 2013, namun masjid pink ini baru popular belakangan ini di kalangan para wisatawan mancanegara. Tidak sedikit umat Muslim yang datang untuk mengagumi keindahannya dan beribadah di sana. Ada yang unik dari pembangunan masjid pink ini yakni para pekerja yang membangun masjid kebanyakan adalah orang Kristen.

Seperti yang kita ketahui bahwa mayoritas masyarakat Filipina memeluk agama Kristen. Para pekerja yang kebanyakan orang Kristen ini membangun masjid pink dengan sukarela alias tidak dibayar. Hal ini didasari rasa persaudaraan, perdamaian dan harmoni di antara umat beragama yang sangat kuat. Oleh karena itu, masjid pink ini menjadi lambang persatuan dan persaudaraan antar umat beragama di kota Datu Saudi Ampatuan tersebut.

 

gomuslim.co.id

berita