02 Februari 2017

Masjid Cologne Jadi Simbol Kekuatan Umat Muslim di Jerman

Diperkirakan saat ini jumlah umat Islam di wilayah Cologne mencapai 10 persen dari total populasi. Jumlah penduduk Muslim di Cologne merupakan yang terbanyak di seluruh kota di Jerman.

Mayoritas warga Muslim di Jerman ini merupakan keturunan Turki. Sebab, negara dengan penduduk Muslim terbesar di Eropa itu berbatasan langsung dengan Jerman. Bahkan, banyak keturunan Turki yang akhirnya menjadi warga negara Jerman.

Karena itu, masyarakat Kota Cologne membangun masjid yang dinamakan Masjid Cologne, bangunan ini akan menjadi masjid terbesar di Jerman. Beberapa tahun terakhir pertumbuhan jumlah masjid di Jerman dapat dikatakan cukup pesat. Jika di tahun 1990, hanya ada tiga buah masjid di negara tersebut.

Penulis buku ‘Mosques in Germany: Religious Home and Societal Challenge’ Claus Leggewie, mengatakan saat ini masjid di Jerman mencapai 164 masjid, dan akan menjadi 200 masjid dalam waktu dekat dengan dibangunnya masjid-masjid baru di seluruh penjuru Jerman.

Dengan adanya masjid, maka diharapkan mampu melayani sekitar 3,5 juta penduduk Muslim Jerman yang kebanyakan asal Turki. Jumlah populasi Muslim sebanyak itu menempatkan Jerman sebagai negara kedua di Eropa setelah Prancis dengan jumlah warga Muslim terbanyak.

Juru bicara The Muslim Coordinating Council, sebuah lembaga asosiasi organisasi-organisasi Muslim di Jerman, Ali Kizilkaya ,berpendapat hal tersebut merupakan angin segar bagi umat Muslim Jerman yang selama ini hanya bisa melaksanakan shalat berjamaah di tempat yang kurang layak, pembangunan masjid-masjid ini tentu saja membuat mereka bahagia.

gomuslim.co.id

berita