21 Maret 2017

Uji Coba Kereta Cepat Haramain Ditargetkan Desember

Perusahaan pelaksana pekerjaan konstruksi untuk Haramain Express Train telah menyelesaikan pembangunan rel sepanjang 430 kilometer dari total 450 kilometer. Rel tersebut menghubungkan jarak antara Makkah dan Madinah, Arab Saudi.

Perusahaan menyebut, tinggal 20 kilometer rel tersisa adalah bagian dari kereta api terkemuka dari Jeddah ke Makkah di stasiun utama distrik Al-Rusaifah. Perusahaan telah mendirikan 138 jembatan di atas tol yang akan dilewati kereta dan juga di Jalan Al Haramain di Jeddah. Perusahaan tersebut merupakan bagian dari sebuah konsorsium internasional yang telah membangun 12 jalur penyeberangan independen untuk unta di daerah, di mana terdapat banyak hewan.

Uji coba rel tersebut diharapkan dapat dilakukan akhir Desember tahun ini. Awal tahun lalu, Menteri Perhubungan Arab Saudi Sulaiman Al-Hamdan mengatakan, pihaknya optimistis proyek kereta api cepat Haramain akan berkembang tanpa hambatan. Menurut dia, kehadiran kereta itu adalah kemajuan baru dalam sektor transportasi Saudi.

"Kereta api yang akan menghubungkan Makkah dan Madinah ini adalah salah satu proyek yang paling dinanti Kerajaan. Ini adalah salah satu prioritas utama bagi pemerintah. Proyek ini, akan sesuai jadwal tanpa penundaan atau hambatan. Ini akan memudahkan transportasi antara kedua Kota Suci," ujarnya seperti dilansir dari Saudi Gazzette, baru-baru ini.

Kereta akan berjalan pada kecepatan 200 kilometer per jam. "Saya dengan sekelompok pejabat dan pengawas proyek telah memeriksa stasiun di Rabigh, sudah lengkap dan siap beroperasi," kata Hamdan. Meski menghubungkan Makkah dan Madinah, namun kereta juga akan berhanti di beberapa titik yakni Jeddah, King Abdullah Economic City, dan Rabigh. Hamdan mengatakan, rel sepanjang 450 kilometer dibangun dengan teknologi terbaru dan canggih.

 

berita