26 Mei 2017

Saudi Resmikan Tujuh Proyek Layanan Haji Sambut Ramadhan

Pihak berwenang Arab Saudi telah menandatangani tujuh proyek terkait dengan layanan haji di Makkah dalam menyambut Ramadhan. Saudi Press Agency melaporkan proyek tersebut mencakup pembangunan jembatan bagi pejalan kaki, toilet, gerbang, pagar dan dinding, asrama, penutup saluran drainase, penghalang batu-batuan dan jalan memutar di sebelah timur Jembatan Raja Faisal.

Proyek lainnya yakni melibatkan transportasi antar-jemput di Muzdalifah untuk melayani jamaah dari Iran dan negara-negara Afrika non-Arab, penggalian aspal jalan, meratakan halaman Muzdalifah dan pembangunan penghalang beton untuk memisahkan pergerakan pejalan kaki dari kendaraan.

Pihak berwenang juga menerapkan langkah-langkah untuk memfasilitasi masuk dan keluarnya bus untuk jamaah dari negara-negara Afrika non-Arab di Arafah. Berbagai proyek tersebut telah ditandatangani langsung oleh Gubernur Makkah Khaled Al-Faisal.

Tak hanya dari sisi sarana dan prasarana, Saudi pun juga menyiapkan persiapan dari segi keamanan di area Tanah Suci menyambut Ramadhan 1438 Hijriyah. Kepala Urusan Dua Masjid Suci Syekh Abdurahman Al-Sudais mengatakan, para pemangku kepentingan telah memobilisasi semua potensi dan sumber daya untuk menjamin keamanan di dua masjid suci yakni Masjid Al-Haram dan Masjid Nabawi.

Dia mengatakan, dalam merencanakan sistem keamanan di Masjid Al-Haram, pihaknya akan bekerja sama dengan Pasukan Keamanan Khusus untuk Haji dan Umrah. Syekh Sudais pun telah bertemu dengan Komandan Pasukan Khusus untuk Haji dan Umrah Brigadir Jenderal Abdullah Al-Ghafees. Mereka membahas perkembangan keamanan terbaru di Masjidil Haram serta persiapan dan pengaturan selama Ramadhan.



IHRAM.CO.ID, MAKKAH

berita