19 Juli 2017

8 Inggris bersepeda menuju haji

Kelompok dari delapan pemuda memulai perjalanan enam minggu yang menantang pada hari Jumat, bersepeda jauh-jauh dari London untuk melakukan haji di Arab Saudi. Seperti dilansir di Saudi Gazette

Para pembalap dari amal kemanusiaan Human Aid yang berbasis di Inggris juga berharap dapat mengumpulkan £ 1 juta untuk bantuan medis di Suriah. Mereka mengklaim memperjuangkan prinsip-prinsip Islam sementara meninjau kembali tradisi Muslim awal untuk bepergian ke haji di darat.

Perjalanan dimulai di East London dan rombongan tersebut pertama kali akan bersepeda ke New Haven dan akan naik feri ke Dieppe di Prancis. Dari sana, mereka akan bersepeda ke Paris dan kemudian akan melakukan perjalanan ke Swiss, Jerman, Austria, Liechtenstein dan memasuki Italia.

Di Venesia, kelompok tersebut akan naik feri ke Igoumenitsa di Yunani. Mereka akan berputar melalui Yunani dan naik pesawat ke laut menuju Alexandria. Mereka akan bersepeda ke Mesir dan pergi ke Hurghada dari mana mereka akan naik feri ke Yanbu di Arab Saudi.

Pada perjalanan terakhir mereka, akan berangkat dari Yanbu ke Madinah. Penggemar akan bergabung dengan kelompok tersebut selama berbagai segmen perjalanan mereka, sementara beberapa pesepeda akan menyambut kelompok tersebut ke Arab Saudi.

Tak satu pun pesepeda yang menjadi atlet profesional dan rombongan akan bersepeda sepanjang hari dan beristirahat di malam hari.

Dobbir Uddin, adalah seorang teknisi laboratorium yang berasal dari Bangladesh yang lahir dan dibesarkan di London dan melakukan ibadah haji untuk pertama kalinya. Dia yakin tantangan utama bagi pengendara akan menjadi medan karena mereka akan bersepeda melalui Pegunungan Alpen dan melalui pegunungan di wilayah Arab.

"Saya melihat ke depan untuk persaudaraan dan ikatan yang diharapkan akan berkembang di antara kita. Sejak awal haji, orang-orang telah melakukan perjalanan berhari-hari dan berbulan-bulan untuk pergi ke haji. Kini, orang melakukan ibadah haji, dalam beberapa hari saja. Kami mencoba untuk meninjau kembali tradisi tersebut dan tetap menghidupkan semangat atau esensi haji, "kata Uddin.

Saifullah Nasser seorang Imam yang berbasis di Northampton juga ikut bersepeda menuju haji

"Pergi untuk haji tidak sulit. Saya telah melakukannya lebih awal tapi kali ini saya benar-benar akan melakukan perjalanan di darat yang pernah saya lewati. Saya merasa menghargai nilai tertinggi yang harus Anda alami pada posisi terendah. Kami berharap bisa menginspirasi publik Inggris. Muslim telah diuji akhir-akhir ini di Inggris. Kita bisa memenuhi tugas kita dan melakukan proyek luar biasa seperti ini, "kata Nasser.

berita