21 Juli 2017

4 Menara Masjid Maskhur Jusup Menjulang Bagai Pensil Raksasa

Masjid Raya Mashkhur Jusup semakin kelihatan indah lantaran empat menara yang terdapat di empat penjuru. Menara-menara itu menjulang bagaikan pensil raksasa. Masing-masing memiliki tinggi 63 meter, yang menyimbolkan usia kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Sementara itu, ornamen khas Kazakhstan, shanyrak, melapisi kubah biru masjid ini. Jari-jari kubah itu relatif tidak terlalu besar, yakni 14 meter.

Masjid Raya Mashkhur Jusup memiliki ruangan utama dengan bentuk lingkaran. Garis tengahnya sepanjang 30 meter. Bentuk lingkaran itu seakan-akan sebagai proyeksi pancaran atap yang menutupi bagian atasnya. Bangunan masjid ini terdiri atas dua lantai.

Seluruh dindingnya terbuat dari batu bata yang berkualitas baik dan berlapis warna krem. Lantainya merupakan marmer impor pilihan. Sementara itu, kubah masjid ini berbahan dasar logam dan dilapisi permukaan aluminium. Secara total, rumah ibadah ini dapat menampung hingga sebanyak 1.500 orang jamaah.

Perincian daya tampungnya, 1.200 jamaah laki-laki di lantai dasar dan 300 jamaah perempuan di lantai dua.

Sementara Luas bangunannya mencapai 48x48 meter persegi. Seluruhnya terletak dalam kompleks lahan yang berbentuk lingkaran. Pengunjung dapat masuk ke sini melalui tiga jalan utama sekaligus yang mengitari kompleks Masjid Raya Mashkhur Jusup, yakni Jalan Raya Kutuzov, Krivenko, dan Kairbaev.


REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA

berita