30 Oktober 2017

Proyek sumur Zam Zam akan mulai

Sumur Zamzam akan disiapkan untuk memastikan aliran air yang diberkati, Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, ketua Presidensi Urusan Dua Masjid Suci, telah mengumumkan.

Dia mengatakan bahwa penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman telah menyetujui proyek yang akan memakan waktu sekitar tujuh bulan untuk menyelesaikannya, dan akan berakhir sebelum bulan Ramadhan.

Proyek ini terdiri dari dua bagian. Yang pertama adalah membangun lima penyeberangan  untuk sumur Zamzam di wilayah timur. Lebar total penyeberangan adalah delapan meter dan panjang 120 meter.

Bagian kedua dari proyek ini adalah sterilisasi daerah sekitar Zamzam dengan baik dengan membuang puing-puing beton dan baja yang digunakan di gudang bawah tanah Masjid .

Proyek ini juga mencakup pemasangan gypsum disterilkan di sekitar sumur untuk memastikan aliran air yang stabil.

Survei Geologi Saudi memiliki Zamzam Studies and Research Center yang menganalisis sifat teknis sumur secara rinci. Tingkat air dipantau oleh hidrograf, yang dalam beberapa waktu terakhir telah berubah menjadi sistem pemantauan digital yang melacak tingkat air, konduktivitas listrik, pH, Eh, dan suhu.

Terletak sekitar 20 meter dari Ka'bah, sumur Zamzam diyakini merupakan sumur tertua di bumi, karena air telah mengalir di sana selama 5000 tahun. Sumur suci memompa hingga 18,5 liter per detik dan kedalamannya hanya 30 meter.

Sekitar 120 ton air Zamzam diangkut setiap hari ke tank Al-Nabawi di Madinah melalui kapal tanker dengan spesifikasi khusus untuk melindungi air dari kontaminasi.

Air Zamzam disediakan dalam 7.000 wadah steril yang didistribusikan di dalam dan di sekitar Masjid Nabawi.

berita