26 Januari 2018

Profesional Layani Jemaah, Maktour Hadirkan Layanan Penerbangan Umrah

gomuslim.co.id- Perusahaan Travel Umrah dan Haji Khusus, Maktour menghadirkan dua pesawat untuk persiapan permberangkatan jemaah umrah dan haji ke Tanah Suci. Peluncuran Pesawat Boing 747-400 dengan Engine Generate Electric berkapasitas 501 penumpang ini bekerjasama dengan Terra Avia dan Gapura.

Presiden Direktur Maktour, H. Fuad Hasan Masyhur mengatakan peluncuran dua pesawat ini berangkat dari rasa keprihatinan tentang banyaknya permasalahan dalam penyelenggaraan umrah. Ia berharap dengan kehadiran pesawat ini dapat menjadi solusi bagi persoalan penyelenggaraan umrah dan haji di Indonesia.

“Kita tahu setiap tahun ada saja jemaah yang tidak bisa diberangkatkan. Kami tidak ingin masyarakat dirugikan. Untuk itu, kami mencoba untuk mengatasi persoalan ini, karena kita tahu biaya transportasi cukup tinggi yaitu 60 persen,” ujarnya di Hanggar Pesawat GMF Bandara Soekarno Hatta, Rabu (24/01/2018).

Menurutnya, saat ini terdapat 100 ribu korban jamaah umrah terlantar karena beragam alasan. Angka tersebut, kata dia, bukan angka kecil dan bisa saja diantisipasi jika penyelenggara bersikap professional.

“Tiap bulan kita mendengar ada masyarakat yang dikorbankan. Makanya saya ajak semua pihak ayo sama-sama kita atasi permasalahan itu. Baik pemerintah, perbankan kita carikan solusi agar jemaah bisa berangkat. Kita lihat masyarakat kecil susah payah menabung, tau-taunya pas dijanjikan tidak berangkat dan menimbulkan kekecewaan,” ungkapnya.

Dari dua pesawat yang diluncurkan, nantinya hanya satu saja yang akan digunakan untuk operasional penerbangan. Sementara satu lainnya digunakan sebagai cadangan jika pesawat utama terkendala. “Saat ini kami sedang menunggu izin untuk jadwal penerbangan baik dari pemerintah Indonesia maupun Saudi,” katanya.

Ia menambahkan jika perizinan sudah rampung, pihaknya berencana membuka penerbangan perdana pada Februari 2018 mendatang. “Kami sedang meminta izin awal penerbangan dua kali satu pekan. Kapasitas pesawat 501, kalau satu minggu bisa 3 kali, berarti minimal 1500 jemaah kita atasi," ucapnya.

Maktour sendiri menawarkan jasa penerbangan umrah dengan low cost tetapi dengan full service. "Insya Allah, kami bisa menjual harga tiket penerbangan lebih murah dibandingkan maskapai penerbangan lain," paparnya.

Pesawat ini tidak transit tetapi langsung dengan rute Jakarta-Jeddah. Selama perjalanan yang memakan waktu selama 10 jam, setiap jamaah nantinya akan mendapatkan dua kali makan dan satu snack.

Sementara itu, perwaklian dari Gapura, Sucipto menuturkan bahwa pihaknya sangat optimis bisa melayani penerbangan jemaah dengan baik. Apalagi dengan pengalaman lebih dari 20 puluhan tahun melayani jemaah Umrah dan Haji di hampir seluruh Embarkasi di Indonesia menjadi modal tersendiri.

“InsyaAllah kita diberi amanah untuk mengangkut, melayani penerbangan, dan status full service. Kita akan mendukung pelayanan penerbangan ini dengan kategori sama pelayanan kepada maskapai lain. Tidak ada diskriminasi. Semuanya sama,” jelasnya. (njs)

berita