12 Agustus 2014

Prabowo Usulkan Tabung Haji, Salam Indonesia Raya : Itu Hal Positif

 

Usulan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres/cawapres) Prabowo Subianto-Hatta Radjasa untuk mendirikan lembaga tabung haji mendapat dukungan.

 

Solidaritas Alumni Aktivis Mahasiswa Muslim (Salam) Indonesia Raya menilai usulan tersebut sangat positif untuk pengelolaan haji menjadi lebih efektif dan efesien di masa mendatang. "Adanya lembaga tabung haji diharapkan dapat mengikis kemungkinan terjadinya permainan dalam penetapan daftar tunggu keberangkatan haji bagi jamaah, baik karena pelayanan yang kurang sehat maupun akibat ulah para oknum," kata Ketua Umum Salam Indonesia Raya, John Heilmy, di Jakarta, Rabu (11/6).

Heilmy menilai usulan untuk pembentukan lembaga ini sangat tepat. Pendirian lembaga itu, kata dia, dapat membuat pelaksanaan ibadah haji yang kerap melibatkan jamaah sangat besar asal Indonesia itu menjadi bersifat transparan, tidak birokratis, sekaligus memberi kenyamanan. ''Pada ujungnya bisa melahirkan kemudahan bagi pelaksanaan untuk mengelola ibadah haji di masa mendatang,'' kata dia.

Heilmy mengusulkan, lembaga tabung haji ini harus berbentuk badan strategis atau kelembagaan nasional yang otonom, dan bukan lagi di bawah kementerian agama. Tugas utamanya, kata dia, menghimpun uang calon jamaah haji berikut penanganan berangkat haji yang sebaik-baiknya. ''Pengelolaannya harus langsung berada di bawah koordinasi presiden,'' ujarnya. Lembaga ini, kata Heilmy lagi, nantinya bisa menjadi sistem pengelolaan uang masyarakat atau calon haji dalam mekanisme dengan perbankan yang bercorak syariah. Selain itu, kata dia, dapat pula menerima bentuk tabungan melalui manajemen yang diselenggarakan antara perbankan dan kelembagaan tabung haji.

Kemudian dengan membentuk lembaga tabung haji ini, Heilmy mengatakan, calon jamaah haji tidak perlu lagi harus menyetor sejumlah besar uang yang memberatkan seperti yang terjadi selama ini. Namun para calon jamaah haji, kata dia, dapat disetor sebagai tabungan sesuai kemampuan.

Nanti ketika uangnya terkumpul atau telah memadai maka dilakukan proses keberangkatan untuk setiap calon jamaah haji berdasarkan prioritas dan syarat tertentu.

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA

haji