18 Juni 2019

Persiapan Musim Haji 2019, Maktour Gelar Manasik Haji bagi Jemaahnya

Memasuki musim haji 2019, Maktour Travel menyelenggarakan kegiatan manasik haji bagi jamaah yang berangkat pada tahun ini dengan menggunakan jasa travel tersebut. Penyelenggaraan manasik berlangsung di Wisma Maktour, Jalan Otista Raya No.80, Jakarta Timur, pada Sabtu (15/06/2019).

Muhammad Hafidz Makmun selaku pembimbing ibadah haji Maktour Travel mengungkapkan, agenda manasik digelar selama 3 sesi yaitu dua sesi manasik secara teori, sesi terakhir manasik secara praktek.

“Kegiatan manasik ini adalah kegiatan yang kita adakan untuk mempersiapkan para jamaah haji, baik persiapan ibadahnya maupun persiapan secara teknisnya seperti terkait tentang menjaga kesehatan berikut tentang perlengkapan apa saja yang akan mereka bawa,” ungkap Hafidz kepada gomuslim di sela kegiatan manasik Maktour Travel.

Ia menjelaskan materi yang diberikan tidak hanya soal fiqih haji, tetapi juga spirit dan motivasi ibadah haji, urgensi niat haji, mengenal budaya masyarakat Arab, bimbingan kesehatan dan penjelasan teknis perjalanan dari berangkat hingga kepulangan.

“Umrah dan Haji berbeda lho. Susah susah gampang untuk haji tuh, tapi insya Allah kami akan bantu kepada seluruh jamaah agar menjadi haji mabrur, aamiin. Yang jelas kami ingin para jamaah niatkan ibadah haji ini karena Allah ta’ala ,” terangnya berdoa.

Hafidz mengaku pada tahun 2019, Maktour akan memberangkatkan sepuluh bus pada musim haji 2019 ini. Akan tetapi, dirinya belum dapat menentukan berapa jumlah secara keseluruhan jamaah yang diberangkatkan dengan Maktour Travel.

“Kami ada tiga paket. Dari ketiga paket, pemberangkatan berbeda-beda. Pemberangkatan pertama pada tanggal 21 Juli 2019, kemudian pemberangkatan selanjutnya di tanggal 2 atau 3 Agustus 2019, dan pemberangkatan terakhir pada 5 Agustus,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan manasik haji merupakan amanat UU No.13/2008 khususnya Pasal 40. Pasal tersebut menegaskan  Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) wajib memberikan bimbingan ibadah haji kepada calon jamaah haji.

Sebagai PIHK, bimbingan ibadah bagi calon jamaah haji adalah hal yang diharuskan. Oleh Karena itu perlu adanya pengoptimalisasian kegiatan manasik ini dengan harapan calon jamaah haji dari Maktour Travel dapat menyerap seluruh materi yang diberikan oleh para sumber sehingga para jamaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan Mabrur. (hmz/gomuslim)

berita