09 Juli 2019

Pemberangkatan Jamaah Haji Kloter Awal Berjalan Lancar

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, proses pemberangkatan jamaah haji dari tanah air ke Tanah Suci sejauh ini berjalan dengan lancar. Menurut dia, tidak ada kendala yang berarti yang menghambat pemberangkatan jamaah haji Indonesia.

"Alhamdulillah sejauh ini kita bersyukur pemberangkatan kloter awal pertama kali dan seterusnya secara bertahap di beberapa embarkasi berlangsung dengan lancar," ujar Lukman saat ditanya Republika.co.id usai membuka acara Ijtima Ulama Alquran Tingkat Nasional di Bandung, Senin (8/7).

Lukman berharap, pemberangkatan jamaah haji gelombang pertama ke Madinah tetap lancar hingga akhir pemberangkatan, serta sesuai dengan jadwal pemberangkatan yang telah diatur oleh Kementerian Agama.

"Kita harapkan ini akan terus seperti ini. Jadi sesuai dengan jadwal, dan relatif tidak ada kendala berarti. Jadi mudah-mudahan kita bisa terus jaga ritme seperti ini, sampai lalu kemudian akhir gelombang pertama itu tanggal 19 Juli," ucap Lukman.

Setelah gelombang pertama, lalu akan dilanjutkan dengan pemberangkatan jamaah Indonesia gelombang kedua yang akan dimulai pada 20 Juli 2019. Menurut Lukman, jamaah haji Indonesia gelombang kedua nantinya akan mendarat di Jedah.

"Mulai 20 juli itu gelombang kedua yang akan mendarat di Jedah, sehingga sampai kloter terakhir yang akan meninggalkan Tanah Air menuju Tanah Suci pada 15 Agustus itu bisa terangkat seluruhnya dengan lancar tanpa kendala," kata Lukman.

Untuk diketahui, jamaah Haji Indonesia hingga kini secara berangsur telah diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi. Kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji Indonesia telah terbang ke Tanah Suci sejak Sabtu (6/7) lalu.

Sumber : Republika

berita