16 Desember 2014

Tinggi, Peminat Umrah Akhir Tahun

Suasana manasik umrah yang digelar PT Maktour bagi para jamaah umrah akhir tahun di Hotel Royal Kuningan

Direktur Utama PT Maktour, Fuad Hasan Masyhur, mengungkapkan minat umat Islam Indonesia untuk menunaikan ibadah umrah di akhir tahun, sangat banyak. Pihaknya, terpaksa menolak ratusan calon jamaah umrah karena terbatasnya penerbangan.

''Kami terpaksa menolak ratusan calon jamaah umrah, karena terbatasnya penerbangan,'' ungkap Fuad Hasan Masyhur di sela-sela acara bimbingan manasik jamaah umrah akhir tahun di Jakarta akhir pekan lalu.

Diakuinya, sejak lima tahun terakhir, perusahaannya tidak pernah memberangkatan jamaah umrah akhir tahun, karena berdekatan dengan penyelenggaraan ibadah haji.

''Tahun ini adalah tahun pertama, setelah Maktour tidak memberangkatkan jamaah umrah Akhir Tahun, karena itu peminatnya sangat tinggi,'' paparnya.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Kedutaan Besar di Jakarta, sambung Fuad, baru akan membuka visa umrah setelah satu bulan setengah berakhirnya musim haji.

''Nah, tahun ini, Maktour baru bisa memberangkatkan jamaah umrah akhir tahun. Insya Allah, sampai 10 tahun mendatang kita bisa menyelenggarakan jamaah umrah akhir tahun,'' ungkap Fuad menerangkan.

Fuad bersyukur, jamaah umrah akhir tahun yang bergabung dengan perusahaannya cukup banyak. Tanpa mau menyebutkan jumlah total jamaah yang bergabung dengan Maktour kali ini, Fuad hanya mengatakan, ''Ahamdulillah, jamaah umrah yang bergabung dengan Maktour kali ini cukup banyak,'' ujarnya semringah.

Pelaksanaan bimbingan manasik umrah yang digelar di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, tampak meriah. Menggunakan audio visual dengan dua layar monitor berukuran besar, enam ustaz pembimbing secara bergantian memberikan bimbingan manasik umrah mengenai tata cara beribadah di pesawat. Pakar tafsir yang juga mantan Menteri Agama, Prof Dr HM Quraish Shihab hadir memberikan pemahaman mendalam tentang makna ibadah umrah. 

Menurut Direktur Operasional Maktour, Muhammad Rocky banyak diantara jamaah umrah akhir tahun yang akan berangkat ke Tanah Suci 26 Desember mendatang berasal dari kalangan anak-anak dan remaja.

Alhamdulillah,banyak diantara jamaah umrah akhir tahun Maktour kali ini, baru kali pertama menunaikan ibadah umrah. Selain itu, 40 persen dari jamaah yang kami berangkatkan, adalah para pelajar,'' ungkap Rocky penuh syukur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA 

Redaktur : Damanhuri Zuhri

 

berita